Minggu, 29 Januari 2012

Program Kewirausahaan Masyarakat [PKM] 2011, Desain Grafis
Pembukaan Kegiatan Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat PKM  ‘Desain Grafis’ 2011 yang diselenggarakan oleh PKBM Ki Hajar Dewantara di Desa Kalianyar Kecamatan Ngronggot Nganjuk pada hari Kamis, tanggal 15 Desember 2011 mulai pukul 15.00 hingga pukul 17 atau jam lima sore. Dalam pembukaan kegiatan ini mengundang beberapa pihak terkait seperti dari Dinas Pendidikan dan Pemuda Daerah Kecamatan Ngronggot dan dari Nganjuk dan Pamong Desa Kalianyar yang diwakili oleh saudara kepala desa, sebagian pengurus PKBM Ki Hajar Dewantara dan para peserta pelatihan dari unsur karang taruna Desa Kalianyar. Pada kesempatan tersebut secara simbolik diserahkan kaus peserta pelatihan oleh kepala desa Kalianyar Joko Murtejo kepada salah satu peserta sekaligus menandai dibukanya acara pelatihan pendidikan yang rencananya diadakan selama lebih kurang 200 jam mengajar/6 bulan dengan jadwal pembelajaran teori dan praktek tiga kali seminggu pada tiap hari Kamis, Jum’at dan minggu pada pukul 15.00 hingga 17.00 [Jam Teori dan praktek bisa fleksibel sesuai kebutuhan dan kesepakatan antara tutor dan para peserta didik]. Tempat kegiatan adalah di RT/RW 01 Desa Kalianyar atau tempat sekretariat PKBM Ki Hajar Dewantara. Jumlah peserta yang hadir pada saat pembukaan kegiatan mencapai 25 orang atau sesuai jumlah peserta pelatihan begitu juga saat pembelajaran awal teori dan praktek [dokumentasi terlampir]
Pentingnya membangun jiwa kewirausahaan di tengah keterpurukan ekonomi serta jalan keluar untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan yang dialami bangsa ini. Berbagai cara dilakukan oleh berbagai pihak untuk menanamkan jiwa wirausaha dan mengurangi keinginan para pencari kerja untuk tidak sekedar menjadi pegawai atau mencari pekerjaan namun menciptakan peluang kerja bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satu kegiatan untuk menciptakan jiwa berwirausaha adalah mengadakan program pelatihan pendidikan berbasis kewirausahaan dalam bidang “Desain Grafis”, yang sejalan dengan perkembangan teknologi terkini. Peluang usaha dalam bidang ini masih terbuka lebar di tengah persaingan yang meningkat.
Keberanian berwirausaha harus ditanamkan dan dipelihara sejak awal. Tak ada kata terlambat untuk ini. Ada jargon yang disampaikan para pakar/konsultan kewirausahaan, yang dijadikan tema kegiatan ini, yaitu;  “Tidak punya uang, mari berwirausaha.” Tentu yang dimaksud adalah karena uang bukan satu-satunya penentu bisa atau tidaknya memulai bisnis, karena masih banyak modal selain uang yang dapat menentukan langkah seseorang dalam menilai bisnis. Dari titik inilah, program kegiatan Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ki Hajar Dewantara bekerjasama dengan pihak terkait, mencoba memanfaatkan peluang dan waktu yang ada, untuk merealisasikan ide, menaburkan benih mental, sikap berani bertindak dan mengambil resiko untuk berwirausaha dalam bidang desain grafis dan ragam usahanya. Semoga pendidikan pelatihan ini bermanfaat dan bernilai lebih bagi semua peserta, berjalan lancar hingga selesainya program dan Sukses menanamkan jiwa semangat untuk berdiri di atas kaki sendiri [berdikari] bagi para pemuda kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar